Pages

partner

Semua Tentang Paypal Dispute dan Tips untuk Penjual

Paypal  Dispute
Paypal memang terkesan berpihak kepada buyer dengan program buyer protection nya . Terkadang  dibuat jengkel dengan buyer jahil yang mengajukan dispute setelah service selesai. Dispute adalah penyataan tidak puas buyer terhadap seller melalui paypal , jadi buyer akan mengharapan refund dari seller.

Tips Agar Memenangkan Dispute yang Diajukan Buyer

1. Untuk Digital Seller :
  1. Selalu simpan percakapan dengan buyer atau screenshoot percakapan YM, Skype, DLL. Ketika dispute muncul , langsung ajukan menjadi claim , katakan : "THIS IS UNTANGIBLE ITEM , sebutkan service mu apa atau ebook " karena untangible (Barang tidak Berwujud / Jasa) yang item tidak masuk ke dalam list barang yang dilindungi paypal . Lalu screenshoot percakapan dengan buyer terutama , bagian yang menyatakan buyer start beli memakai jasa  kamu dan menerima jasa. Sudah dapat di pastikan bisa menang dispute .
  2. Buat halaman TOS (Sebagai Landasan Hukum) di sales later atau di website kita yang menyatakan non refundable.

2. Untuk Penjual Jasa atau Barang tidak Berwujud (Tangible) :
  1. Selalu gunakan shipping company yang bisa di tracking paypal , yang ada di dalam list paypal seperti fedex, DHL, DLL. GUNAKAN SIGNATURE RECEIPT, hal ini sangat penting , karena hal ini yg akan menguatkan posisi kita sebagai seller.
  2. Selalu kirim barang ke CONFIRMED ADDRESS , Apapun alasan buyer, paypal pasti akan mengecek apakah barang sampai ke confirmed address atau tidak , apabila tidak maka kecil peluang kita untuk menang.
  3. Pastikan barang dalam kondisi baik sebelum di kirim .
  4. PENTING : Buat halaman TOS (Sebagai Landasan Hukum) sesuai dengan kriteriamu, apakah bisa adanya refund siapa yang menanggung ongkos refund, dll harus jelas sekali dalam bagian ini .
Selain Dispute, ada juga CC Chargeback sejenis Dispute tetapi transaksinya menggunakan kartu kredit .
CC Chargeback adalah penyataan tidak puas buyer tentang service seller atau barang seller melalui CC Company mereka. Pada bagian ini , kecil sekali kemungkinan kita untuk menang.karena tentu saja pihak CC Company akan membela customer mereka.


Tips Memenangkan CC Chargeback :
  1. Untuk Digital Seller : Sama seperti Dispute , namun jangan terlalu berharap banyak 
  2. Untuk Tangible Seller : Sama seperti Dispute , tetapi peluang menang lebih besar dibandingkan dengan Digital Seller.

No comments:

Post a Comment